Cara Cepat Menaikkan Berat Badan Bayi ASI

Halo Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh bersama saya bidan Ria Zia Selamat datang di channelnya bayibunda.id Silahkan simak video ini sampai selesai ya Ayah dan Bunda Bila video ini bermanfaat subscribe, like dan observation. Jangan lupa aktifkan juga lonceng untuk dapat notifikasi video terbaru dari kami Bila ini juga bermanfaat untuk orang lain, boleh ya di sharing ke teman atau keluarga yang lain. Oke .. Halo Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bersama saya bidan Ria Zia Dalam video kali ini kita akan bahas bagaimana cara meningkatkan berat badan bayi ASI seperti pertanyaan seorang bunda bu bidan bagaimana sih cara menaikkan berat badan bayi ASI? kok kenaikannya ndak terlalu bagus apa perlu susu formula? Mari kita simak video ini Jadi berat badan bayi baru lahir itu emang umumnya akan turun pada minggu pertama sebesar 7% umumnya. yang tidak boleh itu bila penurunannya lebih dari 10% Kemudian pada minggu ke-2 biasanya berat badan bayi ASI akan kembali lagi seperti pada saat dia lahir atau bahkan lebih dari itu yang perlu anda perhatikan adalah Bunda harus menyusui bayi sesering mungkin sebelum dia itu ketiduran atau lelah gitu ya .. bunda harus segera menyusui dia jadi pada saat dia bangun susui aja berikan nenen lakukan DBF Biasanya bayi itu akan menyusul setiap 2 sampai 4 jam sekali namun bila bayi anda itu sebelum 2 jam sudah minta nenen berikan aja nggak papa nggak usah di jadwal tapi patokannya sekitar 2 sampai 4 jam sekali dia nenen kemudian berapa lama sih waktu yang dibutuhkan bayi untuk nenen itu biasanya dia akan nenen sekitar 8 sampai 10 menit pada satu payudara ada juga bayi yang membutuhkan waktu lebih lama daripada itu nggak papa silakan intinya berikan aja DBF atau nenen sesering mungkin agar dia mendapatkan ASI secara optimal. Pada bayi-bayi yang sudah agak gede Misalnya usianya itu 5 bulan bisa saja dia itu nenennya agak jarang ya agak jarang namun sekali nenen dia banyak. Ada juga bayi-bayi yang saat dia mengalami growthspurt atau percepatan pertumbuhan dia itu nenen terus nenen terus gitu ya itu juga nggak daddy nggak masalah karena dia sedang mengalami percepatan pertumbuhan butuh nutrisi besar nutrisi banyak untuk meningkatkan berat badannya biasanya memang berat badan pada saat ini itu naiknya pesat kayak gitu. Kemudian yang kedua yang kedua bunda harus sangat memperhatikan perlekatan bayi atau latch on atau kemampuan bayi itu melekatkan mulutnya pada payudara sehingga dengan latch on yang baik dia bisa mendapatkan ASI banyak kalau bayi-bayi yang dia biasanya terpapar sama scatter nipplenya scatter dan nipplenya ibu itu sangat berbeda jauh kalau nipplenya scatter itu umumnya panjang sedangkan nipplenya Bunda umumnya pendek dan itu sangat menyulitkan bayi kalau misalnya dia nggak terbiasa misalnya ya dia terbiasanya pakai dot kemudian Bunda ingin DBF nah ini sangat menyulitkan sehingga umumnya bayi itu tidak akan dapat ASI secara maksimal pada saat dia DBF. Nah ini yang bisa bikin berat badan bayi itu nggak optimal kalau menurutnya Bunda habis DBF gitu ya habis DBF tapi kayaknya dia kurang kenyang tak tambahin lah ASI perah lewat speck nah ini justru yang mengganggu DBF nya akibatnya Dia nggak bisa nenen dengan baik tidak bisa memerah ASI pada payudara dengan maksimal dia nggak dapat ASI optimal atau dalam jumlah yang cukup kayak gitu. kemudian yang ketiga yang ketiga adalah perhatikan apakah bayi Anda ini ada keluhan keluhan apa sih bu bidan? Misalnya .. bayi Anda apakah sedang sariawan? atau ada putih-putih sekitar mulut bayi? oral thrush oral thrush ini juga membuat bayi enggak nyaman untuk nenen ya sehingga dia tidak bisa dapat ASI dalam jumlah yang cukup atau malah dia mengalami tongue tie tongue tie itu perlekatan tali lidahnya pendek jadi tali lidah bayi itu pendek sehingga dia tidak bisa memerah ASI langsung pada payudara dengan baik dia nggak bisa dapat ASI maksimal ini juga membuat berat badan bayi susah naik Kemudian yang keempat adalah coba susui bayi itu di tempat yang nyaman dan senyap misalnya di dalam kamar dengan suasana yang tidak ramai lampunya diredupkan gitu sehingga bayi bisa sangat menikmati nenennya sangat menikmati proses DBF nya pada usia bayi sekitar 4 bulan atau 5 bulan dia sudah punya kemampuan untuk tolah-toleh ya akibatnya nih tolah-toleh pada ini tolah-toleh pada suara atau pada saat orang lewat gitu ya jadi fokusnya pada saat DBF itu akan terganggu misalnya nih pada saat dia enak-enak DBF gitu eh anda Ayah lewat atau ada kakaknya lewat dia akan terganggu kemudian menoleh dimana tadi? siapa tadi yang lewat? kayak gitu nah ini sangat mengganggu proses DBF nya dia sengaja tidak bisa dapat ASI yang banyak itu juga akan menyulitkan kenaikan berat badannya bunda bisa mengakali atau memberi dia kamar tempat yang sunyi pada saat dia DBF biar tidak terganggu oleh lingkungan sekitar yang ramai misalnya terus cara yang consist yaitu bunda harus tenang pikirannya nyaman tidak ada stres karena stress itu membuat ASI jadi tidak lancar yang seharusnya ASI-nya banyak jadi nggak bisa keluar nih jadi ASI nya sedikit karena Bunda pikirannya sedang tidak tenang makanya itu usahakan pada saat Bunda menyusui mempunyai hati yang tenang harus joyous Kemudian untuk bayi-bayi yang usianya itu sudah 6 bulan sudah mulai MPASI Berikan dia makanan-makanan itu yang kalorinya agak tinggi ya Misalnya daging-daging merah kemudian telur ikan laut keju misalnya, selingannya itu buahnya semacam alpukat kayak gitu itu makan makanan dengan kalori tinggi sehingga bisa meningkatkan berat badan bayi. Kemudian yang perlu diperhatikan juga Bunda bisa konsultasi ke dokter ya bila semua hal itu tadi sudah dilakukan namun masih ada kenaikan berat badan bayi yang kurang Bunda bisa konsultasi ke dokter diperiksa apakah bayinya ada penyakit kayak gitu misalnya penyakit kebocoran jantung bawaan sehingga dia tidak bisa nenen dengan baik sedikit saja nenen dia sudah lelah kayak gitu atau ada penyakit infeksi di dalam tubuhnya yang kita tidak tahu bayi ku sering anget ya bu bidan, males nenen gitu rewel aja terus padahal sih sepertinya nggak sakit dia itu nggak diare, nggak muntah, nggak kenapa-napa kok kayak gini ya gitu Ini bisa dikonsulkan ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut apa yang terjadi pada bayinya bu bidan punya saran ya, punya tips untuk memberi suplemen tambahan yang sebenarnya suplemen adalah ASI itu sendiri bila bunda sudah selesai menyusui bayinya, sudah selesai DBF coba perah-perah ASI nya perah lagi ASI yang keluar di akhir sesi menyusui atau yang sudah selesai menyusui tadi ya tapi dipompa itu adalah ASI hindmilk Hindmilk ini mengandung banyak lemak Nah .. karena hindmilk mengandung banyak lemak berikan saja kepada bayi sebagai suplemen tambahannya dia atau ASI lemak tambahan gitu ya ASI lemak berikan aja melalui media sendok jadi habis dia DBF boleh payudaranya diperah kemudian hasil perahanya diberikan kepada bayi melalui sendok Insya Allah dengan tips-tips tadi berat badan bayi bisa naik dengan baik. Selamat mencoba. Semoga berhasil Assalamualaikum.

You May Also Like